PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Ada banyak problem yang kita lihat bahkan kita rasakan di dalam dunia pendidikan. Problem tersebut tidak hanya dibagian anggaran pendidikan akan tetapi prasarana dan dibagian kebijakan-kebijakan baru yang memberatkan rakyat dan sistem pendidikan yang masih sulit diterapkan secara merata diseluruh daerah di Indonesia. Dampak yang diakibatkan oleh adanya permasalahan pendidikan bukanlah hal yang sepele. Beberapa akibat dari permasalahan pendidikan yang dapat kita lihat dan rasakan saat ini adalah masih banyak rakyat Indonesia yang belum tersentuh oleh pendidikan formal, fasilitas yang belum memadai kualitas pendidikan yang masih dipertanyakan, banyak anak-anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi akibat tidak punya biaya, dan akibat-akibat buruk lainnya yang diakibatkan oleh permasalahan pendidikan yang ada selama ini.

Sering kita melihat di televisi atau membaca di surat kabar, berita tentang betapa mirisnya nasib putra dan putri negeri ini yang untuk menuntut ilmu saja harus bertaruh nyawa, contohnya, di pelosok Pulau Kalimantan, anak-anak harus meniti jembatan dulu agar bisa sampai di sekolah. Mengerikan memang mereka harus mempertaruhkan nyawa demi menuntut ilmu. Ini merupakan salah satu kurangnya peran pemerintah akan kepedulian rakyat terpencil. Fakta-fakta tersebut hanya sebagian kecil dari betapa mirisnya nasib pendidikan di negeri ini. Masihkah kita menutup mata dengan kenyataan ini? Nasib mereka selanjutnya ada di cara kita menyikapi nasib pendidikan di negeri ini. Jika kita mau berpikir, sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi dan mengurangi polemik pendidikan bangsa ini. Menyikapi permasalahan-permasalahan pendidikan bangsa ini dengan sudut pandang positif dan mencari solusi yang tepat dapat membantu mengurangi polemik pendidikan di negeri ini. Ini merupakan kesadaran kita masing-masing.

Permasalahan yang sampai saat ini belum menemukan titik terang yakni permasalahan mengenai anggaran pendidikan. Anggaran pendidikan menjadi sangat genting bagi nasib roda pendidikan di negeri ini. Anggaran pendidikan menjadi sangat penting karena berkaitan dengan nasib tenaga pengajar, sekolah serta peserta didik. Banyak kita jumpai di televisi dan koran, berita tentang kondisi bangunan sekolah yang sudah tidak layak, berita tentang banyaknya anak-anak yang putus sekolah akibat tak punya biaya, serta nasib miris guru-guru miskin yang berada di daerah pedalaman dan pulau terpencil. Sebenarnya persoalan itu bisa kita atasi, diperlukan pemikiran positif untuk menyikapi polemik pendidikan yang ada di Indonesia sehingga kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengurangi polemik yang ada. Polemik anggaran pendidikan yang sampai kini menjadi sumber masalah, sesungguhnya dapat diatasi dengan bijak dengan jalan terdapatnya komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat sehingga masyarakat dapat memberikan keluhannya dan pemerintah dapat memperbaiki kebijakan anggaran pendidikan agar jalannya roda pendidikan di Indonesia dapat berjalan lancar. Sebagai warga negara Indonesia, kita berhak mendapatkan pendidikan yang layak, terjangkau, dan berkualitas. Namun, dalam perjalanannya masih banyak polemik pendidikan yang menghalangi tidak sedikit warga negara Indonesia untuk mendapatkan pendidikan formal. Maka dari itu diperlukan adanya sikap dan pemikiran positif agar pemerintah dan warga negara Indonesia dapat menemukan solusi agar polemik-polemik pendidikan di Indonesa dapat diatasi sehingga pendidikan yang layak dan berkualitas dapat dijangkau oleh masyarakat.

Leave a comment